Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA/MA

Putri, Nursyafiqa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURSYAFIQA_PUTRI_17031032_5887_2021.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Ketersedian dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMAN 5 Solok Selatan. Hal tersebut disebabkan penggunaan media pembelajaran yang masih sederhana dan kurang menarik, terbatasnya keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, dan rendahnya motivasi peserta didik untuk memahami materi virus. Salah satu altematif solusi dari permasalahan tersebut adalah mengembangkan media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint. Aplikasi microsoft office powerpoint dapat digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang bersifat teoritis yang membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMAN 5 Solok Selatan dan 32 orang peserta didik kelas X SMAN 5 Solok Selatan. Objek penelitian adalah media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus untuk peserta didik kelas X. Data penelitian adalah data validitas dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus untuk peserta didik kelas X. Media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus dikategorikan valid dengan nilai validitas 89, 82%. Media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus sangat praktis bagi guru dengan nilai praktikalitas 91, 22% dan sangat praktis bagi peserta didik dengan nilai praktikalitas 90, 16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:11
Last Modified: 12 Apr 2022 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37580

Actions (login required)

View Item View Item