Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Spasial Peserta Didik Kelas VIII

Leni, Nofri (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Spasial Peserta Didik Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NOFRI_LENI_19205023_4152_2021.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kemampuan penalaran spasial peserta didik yang masih rendah. Rendahnya kemampuan penalaran spasial tersebut disebabkan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung kemampuan penalaran spasial peserta didik. Proses pembelajaran belum mampu membantu peserta didik untuk membangun dan mengembangkan kemampuan penalaran spasilanya dalam menemukan sendiri prinsip/prosedur matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran spasial peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan prinsip; (1) penemuan kembali secara terbimbing dan matematisasi progresif, (2) fenomenologi didaktik dan (3) pengembangan model sendiri. RME mempunyai karakteristik yaitu; ( 1) menggunakan masalah kontekstual, (2) menggunakan instrumen vertikal, (3) menggunakan kontribusi peserta didik, (4) proses pembelajaran yang interaktif, ( 5) terkait dengan topik lainnya. J enis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan lembar pengamatan. Analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan skor validitas RPP 3,32 dan LKPD 3,31. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran matematika telah praktis dengan skor praktikalitas RPP 86,96% dan LKPD 93,58%. Perangkat pembelajaran sudah efektif berdasarkan pada hasil belajar dimana ketuntasannya adalah 87,09%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelaj aran matematika berbasis RME yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37578

Actions (login required)

View Item View Item