Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Matriks di Kelas XI SMA/MA

Hardi, Ikhsan (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Matriks di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IKHSAN_HARDI_16029111_5682_2021.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMA/MA dengan menerapkan pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL). Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik LKPD berbasis PBL pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pembuatan prototipe (Prototyping Phase), dan fase penilaian (Assessment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Fase pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews dilakukan untuk melihat validitas LKPD yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan uji coba satu-satu ( One to One Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah valid kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda. Tahap terakhir yaitu fase penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis PBL pada pokok bahasan matriks dari segi kelayakan isi, kelengkapan komponen PBL, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan mempunyai tingkat validitas 83,65% dengan kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi kriteria sangat praktis dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 87,22%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis PBL pada pokok bahasan matriks di kelas XI SMA/MA dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37577

Actions (login required)

View Item View Item