Pengembangan E-modul pada Mata Kuliah Biologi Laut Berbantuan Software Sigil versi 0.9.13 untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mahasiswa

Asiah, Nur (2021) Pengembangan E-modul pada Mata Kuliah Biologi Laut Berbantuan Software Sigil versi 0.9.13 untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NUR_ASIAH_19177038_2853_2021.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mahasiswa menguasai materi pada mata kuliah Biologi Laut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya bahan ajar yang tersedia kurang praktis diperoleh. Modul untuk pembelajaran Biologi Laut belum ada. Kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi Corona, mahasiswa memerlukan bahan ajar yang menarik yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran daring (dalam jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e­ modul Biologi Laut Berbantuan Software Sigil versi 0.9.13 untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan model Plomp terdiri dari preliminary research phase, development or prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian validitas, lembar penilaian praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa dalam penilaian ranah kognitif mahasiswa dengan mengerjakan soal essai. Hasil penelitian menunjukkan e­module Biologi Laut Berbantuan Software Sigil versi 0.9.13 sangat valid dengan nilai 83,33% berdasarkan validasi yang dilakukan validator. Hasil penilaian praktikalitas oleh dosen menunjukkan nilai 87 ,21 % dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian praktikalitas oleh mahasiswa memperoleh nilai 84,13% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya pengaruh pada aktivitas belajar dan hasil belajar ranah kognitif mahasiswa, sehingga e­module Biologi Laut sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e­module Biologi Laut Berbantuan Software Sigil versi 0.9.13 yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37576

Actions (login required)

View Item View Item