Peningkatan Aktivitas, Pemahaman Konsep, dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Komik di Kelas VII 4 MTsN 2 Padang

Azizi, Nur (2021) Peningkatan Aktivitas, Pemahaman Konsep, dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Komik di Kelas VII 4 MTsN 2 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NUR_AZIZI_80929_4602_2021.pdf

Download (802kB) | Preview

Abstract

Peserta didik memerlukan keterampilan berpikir kritis, sistematis, logis, inovatif dan kolaborasi efektif dalam proses pembelajaran. Peserta didik menginginkan pembelajaran matematika yang menyenangkan, rileks, mudah dimengerti dan materi yang ditampilkan dalam buku yang berwama-wami sehingga menyenangkan untuk dibaca dan dapat disajikan dalam bentuk komik. Tujuan penelitian ini untuk menelaah peningkatan aktivitas, pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik melalui LKPD berbentuk komik. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MTsN 2 Padang pada kelas VII4. Pembelajaran matematika dengan menggunakan lembar kerja berbentuk komik dapat meningkatkan aktivitas belajar, pemahaman konsep dan dapat meningkatkan pemecahan masalah matematika peserta didik. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data observasi kegiatan peserta didik, LKPD berbentuk komik, catatan lapangan dan hasil tes pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik. Data tentang aktivitas peserta didik setiap pertemuan diinterpretasikan dalam persentase. Peserta didik lebih mudah memahami materi matematika yang disajikan dalam bentuk komik karena, disajikan dalam bentuk gambar dan rangkaian cerita yang dapat membimbing dalam penemuan konsep sehingga lebih jelas dan mudah dipahami, menambah antusiasme dalam belajar yang dapat dilihat dari peningkatan aktivitas peserta didik pada jenis kegiatan mengajukan pertanyaan yang relevan pada siklus I meningkat pada siklus III dengan kategori baik sekali, aktivitas mengerjakan kegiatan yang ada pada LKPD berbentuk komik dari siklus I ke siklus III meningkat dan berada pada kategori baik sekali, aktivitas aktif berdiskusi pada kelompoknya, menerangkan jawaban kepada teman dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok dari siklus I ke siklus III meningkat dan berada pada kategori baik, sedangkan aktivitas menanggapi hasil presentasi kelompok berada pada kategori baik sekali. Dengan menggunakan LKPD berbentuk komik pemahaman konsep peserta didik dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan dari rata-rata 67.8 naik menjadi 78.58 dan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus III dari rata rata 67 menjadi 72.96.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37575

Actions (login required)

View Item View Item