Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Sistem Gerak pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Muslim, Hanifah (2021) Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Sistem Gerak pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HANIFAH_MUSLIM_17031091_4563_2021.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan tujuan pendidikan nasional untuk menciptakan manusia yang berpengetahuan luas, taat beragama, berbudi pekerti yang mulia, Kurikulum 2013 juga menitik beratkan pada keseimbangan dalam materi pembelajaran yang meliputi kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 7 Sijunjung, media pembelajaran biologi khususnya dalam bentuk LKPD, modul, dan buku paket yang biasa digunakan peserta didik belum dikaitkan dengan nilai-nilai emosional dan spiritual. Hasil analisis bahan ajar dan observasi peserta didik mengungkapkan bahwa bahan ajar yang biasa digunakan kurang menarik, sebagian besar gambar tidak berwarna dan tidak jelas sehingga peserta didik merasa bosan, tidak termotivasi, dan sulit memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan booklet bernuansa ESQ sebagai suplemen bahan ajar untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate), tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Validasi booklet bernuansa ESQ dilakukan oleh empat orang validator yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli ESQ, dan praktisi biologi. Uji praktikalitas dilakukan oleh satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Sijunjung. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil validasi diperoleh 83,50% dengan kategori sangat valid oleh ahli materi, 82,50% dengan kategori sangat valid oleh ahli media, 99,22% dengan kategori sangat valid oleh ahli ESQ, dan 90,87% dengan kategori sangat valid oleh praktisi biologi. Hasil uji praktikalitas diperoleh 91,53% dengan kategori sangat praktis oleh guru biologi dan 88,71% dengan kategori sangat praktis oleh peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan booklet bernuansa ESQ yang dikembangkan sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:09
Last Modified: 11 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37574

Actions (login required)

View Item View Item