Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Peluang Kelas VIII SMP

Wardhani, Hastuti (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Peluang Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HASTUTI_WARDHANI_15029008_4536_2021.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Materi peluang merupakan salah satu materi yang ada pada matematika. Materi peluang merupakan materi yang penerapannya sangat banyak di kehidupan sehari-hari. Meskipun banyak aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi peluang. Salah satu bahan ajar yang diutamakan dalam kurikulum 2013 adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hasil investigasi awal, diperoleh informasi bahwa LKPD yang digunakan masih belum mampu memfasilitasi peserta didik untuk menemukan konsep secara mandiri serta masih kurang melibatkan peserta didik untuk aktif selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid dan praktis pada materi peluang kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase. Pertama, fase analisis pendahuluan (preliminary research) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Kedua, fase pengembangan dan pembuatan prototype (development or prototyping phase) dilakukan pembuatan prototype berupa LKPD berbasis Problem Based Learning. Selanjutnya dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Ketiga, fase penilaian (assessment phase) dilakukan evaluasi pada kelompok besar (field test). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, daftar check list, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai rata-rara nilai validitas 81,18% dengan kategori valid. LKPD juga memenuhi kriteria sangat praktis dari aspek penyajian, kemudahan, keterbacaan, dan waktu dengan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 85,44%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi peluang kelas VIII SMP dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:18
Last Modified: 07 Apr 2022 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37561

Actions (login required)

View Item View Item