Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang

Nasution, Efrida Yanna (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFRIDA_YANNA_NASUTION_I70290I3_4685_2021.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematis adalah satu dari beberapa kemampuan matematis yang hams dimiliki oleh peserta didik seperti yang sudah tertera dalam tujuan pembelajaran matematika dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah di SMP Negeri 16 Padang. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yaitu menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian quasy experimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control Only Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Padang tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas VIII. I sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sederhana. Data penelitian diperoleh dari tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir dengan taraf nyata (a) sama dengan 0,05 diperoleh P-value = 0,000 dimana jika P-value < a maka tolak Ho. Dengan kata lain, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP N egeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:18
Last Modified: 07 Apr 2022 06:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37556

Actions (login required)

View Item View Item