Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII UPTD SMPN 1 Kecamatan Bukik Barisan

Putri, Aulia Adytia (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII UPTD SMPN 1 Kecamatan Bukik Barisan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AULIA_ADYTIA_PUTRI_17029085_4939_2021.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Indonesia selama delapan tahun. Namun, sampai saat ini penerapan kurikulum 2013 masih menemui banyak kendala dalam proses pembelajaran. Guru terlihat belum optimal dalam menerapkan model pembelajaran yang dianjurkan Kurikulum 2013 dan terbatasnya perangkat pembelajaran yang tersedia seperti yang dianjurkan kurikulum 2013 serta LKPD sebagai pendukung keterlaksanaan RPP belum tersedia. Oleh sebab itu, peserta didik menjadi pasif dalam pembelajaran karena proses pembelajaran yang teacher centre. Peserta didik tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, hanya menerima apa yang disampaikan guru dan cenderung menghafalkan rumus, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat. Hal ini dibenarkan oleh guru di UPTD SMPN 1 Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat bahwa pada umumnya peserta didik kelas VII kesulitan pada materi segiempat terutama pada soal pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas VII guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu, Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assesment Phase. Subjek penelitian adalah 30 orang peserta didik kelas VII UPTD SMPN 1 Kecamatan Bukik Barisan dan objek penelitiannya adalah perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket uji praktikalitas, dan tes akhir peserta didik untuk uji efektif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian ini dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang memenuhi kriteria valid dengan indeks validitas melebihi 0,667, sehingga dapat disimpulkan karakteristik RPP dan LKPD sangat baik. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria praktis mendapat persentase praktikalitas lebih dari 60% dengan karakteristik sangat baik. RPP dan LKPD dinyatakan efektif, mendapat ketuntasan klasikal minimal lebih dari 75% dengan karakteristik baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:21
Last Modified: 07 Apr 2022 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37551

Actions (login required)

View Item View Item