Penentuan Premi Tunggal Bersih Asuransi Jiwa Dwiguna Unit Link dengan Garansi Minimum Menggunakan Metode Annual Ratchet dan Model Black Scholes

Amalia, Shella Rizky (2021) Penentuan Premi Tunggal Bersih Asuransi Jiwa Dwiguna Unit Link dengan Garansi Minimum Menggunakan Metode Annual Ratchet dan Model Black Scholes. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SHELLA_RIZKY_AMALIA_17030054_4436_2021.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Asuransi jiwa unit link merupakan asuransi jiwa yang mengkombinasikan manfaat asuransi dan investasi. Asuransi unit link berisi investasi yang nilainya bervariasi sewaktu-waktu sesuai dengan nilainya aset investasi. Hal ini dapat diatasi dengan adanya nilai manfaat minimum, dimana tertanggung mendapatkanjaminan pengembalian minimum dengan nilai tertentu jika hal terse but terjadi. Sehingga perlu adanya penentuan premi yang tepat dengan adanya nilai garansi minimum. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan premi tunggal bersih asuransi jiwa dwiguna unit link dengan garansi minimum menggunakan metode Annual Ratchet dan Model Black Scholes. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori yang relevan mengenai metode Annual Ratchet dan model Black Scholes beserta dengan contoh kasusnya. Dalam menentukan premi tunggal bersih terlebih dahulu dihitung nilai manfaat asuransi dengan adanya nilai garansi rmmmurn. Sehingga dapat ditentukan dan dibandingan premi dari kedua metode terse but. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan premi tunggal bersih asuransi jiwa dwiguna unit link menggunakan metode Annual Ratchet sebagai berikut. p = rr(t)e~' ( (1 + y )<l>(-d2) + (1 - a~(<l>(d2) - <l>(d4)) + +a(<l>(d1) - <l>(d3)) + (1 + c)<l>(d4) )' L rr(t)e-rt ({3(1 + g)l t=l ,CR<f3(1+g)l ,CR~f](l+g)l Serta persamaan premi dengan model Black Scholes yaitu: T P = t=l rr(t)(So + So<t>(d1) - GTe-rT cf>(d2)) Dimana berdasarkan studi kasus diperoleh hasil bahwa premi tunggal bersih asuransi jiwa dwiguna unit link dengan metode Annual Ratchet lebih sedikit dibandingkan dengan model Black Scholes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:20
Last Modified: 07 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37546

Actions (login required)

View Item View Item