Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas VIII SMP

Fadhilaturrahmah, Fadhilaturrahmah (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FADHILATURRAHMAH_17205057_5759_2021.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik di kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adala model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu preliminary research, development and prototyping phase, dan assessment phase. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII SMPN 6 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan selama penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan penalaran peserta didik. Sebelum instrumen digunakan dalam pengumpulan data, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme yang dikembangkan telah valid dari segi konstruk dan segi isi. Perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme yang dikembangkan juga telah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, data wawancara bersama pendidik dan peserta didik, serta data angket respon peserta didik. Selain itu, perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik setiap pertemuannya dalam mengerjakan LKPD yang ratarata meningkat dan berdasarkan data hasil tes kemampuan penalaran yang dilaksanakan, yaitu nilai rata-rata kemampuan penalaran peserta didik yaitu 76, 47 meningkat dari data awal yang diperoleh yaitu 44,47.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:14
Last Modified: 07 Apr 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37538

Actions (login required)

View Item View Item