Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Model Inquiry Based Learning pada Materi Gerak Harmonis Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA

Harahap, Desmi Erida (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Model Inquiry Based Learning pada Materi Gerak Harmonis Sederhana untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DESMI_ERIDA_HARAHAP_17175005_4854_2021.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik salah satu upaya meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa. Konsep penilaian merupakan salah satu dampak perubahan di era pendidikan sekarang terutama dalam kurikulum 2013. Selama ini orang memahami bahwa penilaian merupakan proses pemberian skor terhadap apa yang telah dicapai oleh siswa dalam pelaksanaan tes. Sesungguhnya penilaian tidak hanya dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang biasanya ditampilkan dalam bentuk skor angka saja beserta deskripsinya, tetapi juga untuk mengungkap bagaimana kualitas proses belajar yang berlangsung. Penilaian selayaknya digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran baik pendidik, peserta didik, ataupun sember belajar yang dipakai. Penelitian ini bertujuan menghasilkan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Model Inquiry Based Learning untuk meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa dalam pembelajaran Fisika dengan kriteria valid, praktis dan efektif serta mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dessiminate). Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik valid dengan perolehan 0,81. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar kepraktisan. hasil kepraktisan menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik praktis digunakan dengan perolehan 80,06 %. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa dengan perolehan 82,5 %. Selanjutnya pada tahap penyebaran disatu sekolah yang sama menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:20
Last Modified: 06 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37513

Actions (login required)

View Item View Item