Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Fluida Fisika SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa

Novisya, Dira (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Fluida Fisika SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DIRA_NOVISYA_18175048_2564_2021.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Video merupakan salah satu media pembelajaran berbentuk IT yang dapat membantu guru untuk menyampaikan isi pembelajaran. Video digunakan hendaknya sesuai dengan kebutuhan abad 21, karakteristik materi fluida dan siswa serta tuntutan kurikulum yang berlaku. Namun, video yang digunakan saat ini masih terdapat kekurangan. Video yang digunakan guru masih belum menunjang kebutuhan abad 21 yang melatih keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa, belum memenuhi karakteristik materi yang memiliki aplikasi banyak dalam kehidupan sehari-hari, dan belum memenuhi kompetensi dasar dalam kurikulum yang mengaplikasikan materi terhadap kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan video pembelajaran fisika berbasis kontekstual yang dapat melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian menggunakan researc and developmen dengan menggunakan tahapan model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation dan evaluation. Data penelitian ini berupa data studi pendahuluan, data validitas, data praktikalitas dan data efektivitas. Instrumen digunakan untuk mengumpulkan data studi pendahuluan berupa instrumen angket, wawancara dan soal essay. Instrumen untuk mengumpulkan data validasi dan praktikalitas menggunakan instrumen angket dan Instrumen untuk mengumpulkan data efektivitas menggunakan soal essay. Analisis data untuk data studi pendahuluan dan data praktikalitas dengan membagi skor yang diperoleh dengan skor maksimum. Data validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken‟s V sedangkan data efektivitas dianalisis menggunakan rumus Gain. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menggambarkan bahwa video pembelajaran berbasis kontekstual materi fluida fisika SMA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa yang dikembangkan berada kategori valid dan praktis. Namun untuk efektivitas video belum efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:20
Last Modified: 06 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37512

Actions (login required)

View Item View Item