Pengembangan E-Modul Bentuk Molekul Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA

Suciana, Dola (2021) Pengembangan E-Modul Bentuk Molekul Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DOLA_SUCIANA_19176017_2713_2021.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik bentuk molekul berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas X SMA/MA, serta menentukan tingkat kevalidan dan kepraktisan e-modul bentuk molekul yang dikembangkan. Selain itu juga dilakukan penelitian meta-analisis untuk menentukan pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar. Pengembangan e-modul dilakukan melalui tahapan model pengembangan plomp yang terdiri 3 tahap yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (prototyping phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Instrumen Penilaian yang digunakan yaitu angket untuk menentukan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul. Untuk penelitian meta-analisi melibatkan 10 kumpulan artikel internasional bereputasi. Untuk hasil validitas e-modul dilakukan analisis dengan menggunakan formula Aiken’s V. Berdasarkan pada hasil analisis tersebut diperoleh nilai Aiken’s V validitas konten sebesar 0.85 dengan kategori valid, sedangkan untuk teknikal diperoleh nilai Aiken’s V sebesar 8.86 dengan kategori valid. Untuk perhitungan tingkat kepraktisan e-modul dihitung dengan menggunakan persentase praktikalitas. Berasarkan penilaian kepraktisan oleh guru diperoleh nilai persentase praktikalitas sebesar 89,46% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh siswa sebesar 87,6% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan Rata-rata effect size untuk pengaruh penggunaan model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar sebesar 2.632 dengan kategori effect size berpengaruh tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:20
Last Modified: 06 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37511

Actions (login required)

View Item View Item