Pengaruh Power Otot Tungkai, Koordinasi Mata Tangan dan Konsentrasi Terhadap Akurasi Smash Tim Bola Voli Putra SMA 11 Pekanbaru di Masa New Normal

Sepriwandi, Dedy (2021) Pengaruh Power Otot Tungkai, Koordinasi Mata Tangan dan Konsentrasi Terhadap Akurasi Smash Tim Bola Voli Putra SMA 11 Pekanbaru di Masa New Normal. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DEDY_SEPRIWANDI_19199069_6058_2021.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah belum maksimalnya kemampuan akurasi Smash yang dilakukan Smash Tim Bolavoli Putra SMA 11 Pekanbaru Di Masa New Normal. Hal ini dipenguruhi oleh banyak faktor seperti fisik, teknik, taktik dan mental. Faktor fisik dan psikologis menjadi salah satu kunci untuk mencapai teknik yang baik. Adapun fator fisik dan psikologis tersebut adalah Power otot tungkai, koordinasi mata tangan, dan kosentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Power otot tungkai, koordinasi mata tangan dan Kosentrasi, terhadap Kemampuan akurasi Smash Tim Bolavoli Putra SMA 11 Pekanbaru Di Masa New Normal. Jenis penelitian yaitu kuantitatif mengunakan disains penelitian korelasi dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu sampel berupa populasi yang berjumlah 20 orang atlet. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap keempat variabel. Untuk Power otot tungkai di tes dengan vertical Jump, Koordinasi mata tangan dengan tes lempar tangkap bola tenis, Kosentrasi dengan grid concentration test. Sedangkan kemampuan akurasi Smash diukur dengan tes Smash. Data dianalisis dengan analisis jalur (Paht Analysis). smash Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung antara Power otot tungkai terhadap akurasi Smash sebesar 27,5%, (2) Terdapat pengaruh langsung antara koodinasi mata tangan terhadap akurasi Smash.sebesar 36,4%, (3) Terdapat pengaruh langsung antara kosentrasi terhadap akurasi Smash. Artinya semakin baik Kosentrasi atlet akan semakin baik pula Dribbling tersebut sebesar 10,8%, (4) Terdapat pengaruh langsung antara Power otot tungkai terhadap koodinasi mata tangan. sebesar 8,8% ,(5) Terdapat pengaruh tidak lansung antara Power otot tungkai terhadap akurasi Smash melalui kosentrasi sebesar 4,7% ,(6) Terdapat pengaruh tidak lansung antara koordinasi mata tangan terhadap akurasi Smash melalui kosentrasi. Sebesar 4,8% .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:20
Last Modified: 06 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37510

Actions (login required)

View Item View Item