Pengaruh Kegiatan Olahraga Renang Terhadap Keluhan Asma, Kapasitas Vital Paru serta Status Gizi (Studi Eksperimen pada Anak-Anak yang Mengalami Keluhan Asma)

Syaputra, Abdul Rahman (2021) Pengaruh Kegiatan Olahraga Renang Terhadap Keluhan Asma, Kapasitas Vital Paru serta Status Gizi (Studi Eksperimen pada Anak-Anak yang Mengalami Keluhan Asma). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ABDUL_RAHMAN_SYAPUTRA_16199113_2561_2021.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari keluhan asma yang diderita siswa SD Kecamatan Nanggalo Lapai Kota Padang, yaitu SD Negeri 06 dan SD Negeri 18. Asma mempunyai dampak negatif bagi anak yang dapat menyebabkan anak sering tidak masuk sekolah yang berimbas pada rendahnya prestasi akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh olahraga renang dapat mengurangi keluhan asma, meningkatkan kapasitas vital paru, serta meningkatkan status gizi pada siswa. Jenis penelitian ini bersifat eksperimen, dengan desain penelitian ini menggunakan one group pre test - post test design. Sampel penelitian berjumlah 22 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Populasi penelitian adalah Siswa SD 06 dan SD 18 Lapai Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019 kemudian pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu anak penderita asma. Instrumen menilai keluhan asma menggunakan sistem skoring Asthma Control Test (ACT), mengukur kapasitas vital paru (KVP) dengan spirometri, serta status gizi menggunakan rumus indeks massa tubuh (IMT). Data dianalisis dengan bantuan aplikasi uji statistik SPSS 16. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan (paired t-test) dengan taraf signifikansi (alpha=α) yang ditetapkan sebesar 0.05. Hasil P-value untuk pengaruh renang terhadap keluhan asma sebesar 0.00 (<0.05) dan untuk kapasitas vital paru sebesar 0.00 (<0.05), berarti ada pengaruh signifikan perlakuan renang terhadap keluhan asma dan terhadap kapasitas vital paru, sedangkan untuk pengaruh renang terhadap status gizi didapatkan P-value sebesar 0.075 (>0.05) yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan perlakuan renang terhadap status gizi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:48
Last Modified: 05 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37496

Actions (login required)

View Item View Item