Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang

Rafika, Yuri Hilma (2021) Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_YURI_HILMA_RAFIKA_17135320_17135320_3510_2021.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi pada saat pra penelitian terhadap tamu yang menginap di Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang, ditemukan adanya masalah kebutuhan tamu yang kurang terpenuhi dengan baik sehingga tamu merasa kurang puas, diantaranya adalah tamu yang mengeluh tentang fasilitas kamar yang banyak mengalami kerusakan yang di nilai kurang memberikan kenyamanan kepada tamu. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap di Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi penelitian adalah semua tamu yang menginap di Whiz Prime Hotel Khatib Sulaiman Padang selama bulan Januari - Desember 2020. Total sampel pada penelitian ini adalah 100 orang. Uji prasyaratan analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian: Variabel X (Fasilitas Kamar) berada pada kategori baik dengan persentase 58%. Variabel Y (Kepuuasan Tamu) berada pada ketegori baik dengan persentase 57%. Berlandaskan dari uji regresi linier sederhana f hitung 24.328 dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka variabel fasilitas kamar bisa mempengaruhi kepuasan tamu dengan nilai R Square 0, 199. Fasilitas kamar mempengaruhi kepuasan tamu secara signifikan sebesar 19 ,9 % dan dipengaruhi oleh faktor lain sebesaar 80, 1 %. Berlandaskan dari hasil penelitian disarankan untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan fasilitas kamar terutama pada fasilitas kamar tidur dan fasilitas kamar mandi sehingga fasilitas kamar menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:10
Last Modified: 04 Apr 2022 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37492

Actions (login required)

View Item View Item