Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran Kabupaten Padang Pariaman

Sania, Sania (2021) Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Alquran di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SANIA_17329099_5937_2021.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikkan terhadap implementasi metode talaqqi dalam menghafal Alquran di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: pertama, pelaksanaan metode talaqqi dalam menghafal Alquran. Kedua, evaluasi metode talaqqi dalam menghafal Alquran. Ketiga, faktor penghambat dan pendukung metode talaqqi dalam menghafal Alquran di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif serta menggunakan studi lapangan. Penelitian dilakukan di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan informan berjumlah tujuh orang (dua orang guru dan lima orang santri). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, setelah itu digunakan beberapa teknik untuk menguji keabsahan data diantaranya perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan metode talaqqi dilakukan dengan cara santri duduk melingkar dan guru menyampaikan secara langsung kepada santrinya tentang ayat atau surat yang akan dihafalkan dengan benar. Kedua, evaluasi metode talaqqi dilakukan tanpa sepengetahuan santri dan dipanggil secara acak. Ketiga, faktor penghambat dari metode talaqqi di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran yaitu para santri yang merasa bosan saat menunggu antrian karena penyetoran hafalan yang sendiri-sendiri, faktor pendukung metode talaqqi di TPQ Baitul Rahmah Simpang III Palanggaran yaitu tingginya minat para santri untuk mempelajari Alquran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:09
Last Modified: 01 Apr 2022 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37479

Actions (login required)

View Item View Item