Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Haq, Rosidatul (2021) Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ROSIDATUL_HAQ_17329199_5797_2021.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam skripsi ini berangkat dari keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam menerima pendidikan, yaitu dalam pergaulan hidupnya sehari-hari. Sehingga dalam hal ini peranan orang tua sangat menentukan terhadap pembentukan sikap dan prilaku anak agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang berakhlak mulia. Dalam pembentukan akhlak terhadap anak tidak hanya berfokus pada keluarga saja, tetapi khususnya juga bersinergi antara keluarga yaitu orang tua dengan sekolah yaitu guru. Pembentukan akhlak siswa berlangsung secara berangsur-angsur dan berkesinambungan antara guru dan orang tua. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), yang bertujuan untuk mengetahui prilaku siswa yang terjadi dilapangan. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam (PAI) dan orang tua siswa SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan akhlak siswa pada SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat adalah akhlak siswa kepada orang yang lebih tua dapat tergambar dari cara mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Dan akhlak siswa kepada guru antara lain diwujudkan dengan kebiasaan menyapa dan memberi salam bila bertemu dengan guru. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam membina akhlak siswa adalah mengadakan kunjungan kerumah siswa, mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa dan usaha orang tua dalam membina akhlak anak yaitu memberikan contoh teladan. Adapun kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam pembinaan akhlak adalah orang tua melakukan konsultasi langsung pada guru dan orang tua melakukan kunjungan ke sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:08
Last Modified: 01 Apr 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37478

Actions (login required)

View Item View Item