Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan

Nasifah, Naurah (2021) Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_NAURAH_NASIFAH_17329186_4317_2021.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengangkat masalah tentang : Bagaimana Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal UTS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan bagaimana kendala guru dalam pembuatan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal UAS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri Di Kabupaten Solok Selatan .. J enis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tahun pelajaran 2020/2021 di Kabupaten Solok Selatan serta guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kabupaten Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 2 sekolah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 sekolah yaitu, MAN 1 Solok Selatan dan MAN 2 Solok Selatan. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis untuk menganalisis metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan data yang sesuai kemudian menganalisis dengan kata-kata dan kalimat. Teknik pengabsahan yang digunakan peneliti adalah teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis soal UAS mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, maka level soal UAS Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Selatan berdasarkan proses berpikir taksonomi bloom yang berjumlah 150 soal didominasi oleh level kognitif C2 sebanyak 54 soal dengan persentase 36%, level kognitif C 1 sebanyak 52 soal dengan persentase 34,6%, C3 sebanyak 19 soal dengan persentase 12,6%, C4 sebanyak 18 soal dengan persentase 12% dan CS sebanyak 7 soal dengan persentase 4,6%. Kendala guru dalam pembuatan soal HOTS mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MA Negeri di Kabupaten Solok Sela tan adalah waktu dalam pembuatan soal, siswa tidak mampu mengerj akan soal HOTS, dan guru yang kurang memahami pembuatan soal HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:08
Last Modified: 01 Apr 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37473

Actions (login required)

View Item View Item