Pengaruh Kemampuan Menghafal Alquran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Padang

Ulfah, Maulidani (2021) Pengaruh Kemampuan Menghafal Alquran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MAULIDANI_ULFAH_17329025_6161_2021.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP pesantren modern terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Padang yang berjumlah sebanyak 134 orang. Sedangkan jumlah sampel sebesar 57 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan dokumentasi. Kemampuan menghafal Alquran merupakan variabel bebas (X) dan prestasi belajar siswa merupakan variabel terikat (Y). Analisis data penelitian menggunakan teknik uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, kemampuan menghafal Alquran kelas VIII SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Tahun Ajaran 2021/2022 dalam kategori sedang/ cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan menghafal Alquran siswa sebesar 74 dan 65% diantaranya berkategori sedang. Kedua, prestasi belajar di kelas VIII SMP Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Tahun Ajaran 2021/2022 berkategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 87 dan 60% diantaranya dalam kategori sedang. Ketiga, menggunakan uji regresi linear sederhana diketahui bahwa Y= 67,541 + 0,260X. Dari hasil yang diperoleh melalui SPSS 22 diketahui Thitung = 5,549 dengan taraf signifikan 5% uji dua pihak dan df = n-2-1 = 54, sehingga Ttabel = 1,674. Dengan demikian Thitung 5,549 > Ttabel 1,674. Sedangkan hasil dari uji koefisien Determinan (R2) yang diperoleh melalui hasil analisis tabel summary diketahui R Square hafalan Alquran sebesar 0,359 atau 35,9%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kemampuan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 35,9% sedangkan sisanya 64, 1 % dalah pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dengan demikian hasil uji hipotesis HO ditolak sedangkan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang postif antara kemampuan menghafal Alquran terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP di Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka II Tahun Ajaran 2021/2022. Maka hal ini menunjukkan bahwa semakin bagus kualitas hafalan siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya dan sebaliknya apabila kualitas hafalan siswa tersebut rendah maka rendah pula prestasi belajar yang diraihnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:08
Last Modified: 01 Apr 2022 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37470

Actions (login required)

View Item View Item