Hubungan Minat dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Balaban Kabupaten Lima Puluh Kota

Sepriani, Debi (2021) Hubungan Minat dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Balaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DEBI_SEPRIANI_17329160_4469_2021.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Kedua variabel ini dikorelasikan kerena minat belajar adalah salah satu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik yang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tercapainya prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban yang dengan jumlah 240 orang. Sampel dari penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 48 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan korelasi, dengan minat peserta didik sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan : ( 1) Gambaran hasil penelitian atas variabel minat belajar peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Tahun Ajaran 2020/2021 berkategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata minat belajar peserta didik yaitu sebesar 110 dan 66,67% diantaranya berkategori tinngi. (2) Gambaran hasil penelitian atas variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Tahun Ajaran 2020/2021 berkategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu sebesar 81,96 berada dalam kategori tinngi sebesar 43,75%. (3) Minat belajar peserta didik memiliki hubungan positif yang sedang dan signifikan dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota yang dibuktikan dengan bantuan program SPSS 15.00 di ketahui r hitung > r tabel (0,528 > 0,284) pada taraf signifikansi 5%. hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi minat peserta didik maka akan semakin tinggi pula prestasi yang diraih pada peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban, sebaliknya semakin rendah minat belajar peserta didik maka prestasi belajamya juga semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:07
Last Modified: 04 Apr 2022 05:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37465

Actions (login required)

View Item View Item