Strategi Pembelajaran Tasawuf dalam Membina Moralitas Santri di Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTI) Canduang melalui Kitab Al Hikam

Anggraini, Debi (2021) Strategi Pembelajaran Tasawuf dalam Membina Moralitas Santri di Madrasah Tarbiyah Islamiah (MTI) Canduang melalui Kitab Al Hikam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DEBI_ANGGRAINI_17329061_5791_2021.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Degradasi moral telah menjadi isu yang menjadi perbincangan dewasa ini. Moral dianggap telah terkikis dari diri generasi seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Modemisasi telah menggiring manusia menjadi masyarakat yang rasional, kehilangan visi keilahian, dan melupakan hakikatnya sebagai manusia. Sehingga kualitas moral di era ini semakin memburuk dan turun secara signifikan. Hal tersebut tampak dari meningkatnya intensitas kriminalitas dan kuantitas deviasi sosial. Degradasi moral terjadi secara universal, begitupun di MTI Canduang yang dikenal sebagai sebuah instansi pendidikan Islam terkemuka di Sumatera Barat. Di MTI Canduang pun telah dirasakan penurunan kualitas moral dari para santri. Kemerosotan tata karma juga menjadi salah satu problem yang dihadapi oleh MTI Canduang. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya intervensi agar problematika ini tidak menjadi krisis kolektif di kemudian hari. Salah satu solusi yang bisa menjawab problematika ini adalah pemfungsian kitab al-Hikam sebagai media pembinaan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang strategi pembelajaran kitab al-Hikam untuk membina moralitas di MTI Canduang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menempatkan peneliti sebagai instrumen inti. Wawancara dan observasi dipilih sebagai teknik untuk menghimpun data penelitian. Dari penelitian ini ditemukan bahwa al-Hikam merupakan salah satu kurikulum inti di MTI Canduang dan diasumsikan mampu membina moralitas santri dengan hikmah-hikmah yang ada di dalamnya. Kitab ini bisa berfungsi maksimal jika pendidik mampu menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran. Disini strategi yang digunakan adalah ekspositori yang dipadukan dengan teknik mau'izah dan hikmah. Strategi tersebut terbukti cukup efektif dalam upaya mengintemalisasikan nilai-nilai moral yang ada dalam al-Hikam kepada santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 01 Apr 2022 08:06
Last Modified: 01 Apr 2022 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37464

Actions (login required)

View Item View Item