Hubungan Akhlak Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya

Apriyanda, Apriyanda (2021) Hubungan Akhlak Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_APRIYANDA_17329120_4270_2021.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah ketidakjelasan antara pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai Akhlak siswa, (2) Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa dan (3) seberapa besar hubungan antara akhlak dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya yang dengan jumlah 60 orang. Sampel dari penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasional dengan bantuan program SPSS Versi 25,Akhlak siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan : ( 1) Hasil penelitian atas variabel Akhlak siswa kelas VII di SMP N 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2020/2021 berkategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata akhlak siswa yaitu sebesar 69 dan 40% diantaranya berkategori sedang. (2) Hasil penelitian atas variabel Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP N 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2020/2021 berkategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam yaitu sebesar 73,67 berada dalam kategori sedang sebesar 60%. (3) Berdasarkan rumus korelasi Product Moment diketahui bahwa rxy 0,524, sedangkan rtabel dengan N = 60 adalah 0,254. Karena rhitung (0,524) lebih besar dari pada rtabel (0,254), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara akhlak siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP N 1 Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya Tahun Ajaran 2020/2021. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi akhlak siswa maka akan semakin tinggi hasil belajar yang diraih dan sebaliknya semakin rendah akhlak siswa maka hasil belajar yang diraih juga rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2022 00:23
Last Modified: 31 Mar 2022 00:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37452

Actions (login required)

View Item View Item