Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh

Rahayu, Tika (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Pada Kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_TIKA_RAHAYU_16129231_12_2020.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh masih terlihat guru sebagai pusat pembelajaran yang mengaibatkan tidak adanya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran dikarenakan pembelajran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Proses belajar pada pembelajaran Tematik dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas V SDN 04 Batu Putiah Pauh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 29 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas dan teman sejawat sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP pada siklus I dengan rata rata adalah 79,15% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,33% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi sangat baik, dan dari aspek siswa siklus I adalah 83,33% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 95,88% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Course Review Horay telah dapat meningkatkan Proses belajar siswa di kelas V SD Negeri 04 Batu Putiah Pauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:04
Last Modified: 25 Mar 2022 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37421

Actions (login required)

View Item View Item