Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto

Purnawanti, Yekti (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_YEKTI_PURNAWANTI_16129278_516_2020.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar siswa, dimana guru belum mengembangkan RPP serta komponen yang ada di dalamnya, guru belum melaksanakan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun, kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, belum diterapkan model pembelajaran yang inovatif sehingga belum tercipta pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe think pair share di kelas V SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I yang terdiri dari dua pertemuan serta siklus II yang terdiri dari satu pertemuan. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto, dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 11 orang dan siswa perempuan 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I memperoleh nilai 84,08% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,18% dengan kriteria sangat baik, b) pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I memperoleh nilai 81,24% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 79,68% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,29 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83,2 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 08 Koto Gadang Kecamatan IV Koto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:04
Last Modified: 25 Mar 2022 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37420

Actions (login required)

View Item View Item