Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Kelas IV SDN 05 Padang Pariaman

Zaer, Zelvina (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Kelas IV SDN 05 Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ZELVINA_ZAER_16129442_712_2020.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni menunjukkan bahwa guru masih mendominasi pembelajaran sehingga siswa belum mampu berfikir aktif dalam pembelajaran tematik terpadu dan menyebabkan masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil pembelajaran tematik Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus.Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas IV SDN 05 Padang Pariaman yang berjumlah 16 orang siswa, 13 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP siklus I rata-rata 84,72% dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 82,81% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi (SB). Pada aspek siswa siklus I rata-rata 82,81% dengan kualifikasi (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi (SB). Pada hasil belajar siswa siklus I rata-rata 74,44 dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II menjadi 87,34 dengan kualifikasi (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajara tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:03
Last Modified: 25 Mar 2022 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37419

Actions (login required)

View Item View Item