Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam

Melanni, Sri (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 25 Gadut Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_SRI_MELANNI_16129226_662_2020.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh belum optimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru, hal ini terlihat pada guru kurang memberi motivasi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, guru kurang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I yaitu 79,16% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). Penilaian aspek guru siklus I yaitu 81,25% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Penilaian aspek peserta didik yaitu 79,68% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,12 (Perlu Bimbingan), meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 87,23 (Baik). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:02
Last Modified: 25 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37417

Actions (login required)

View Item View Item