Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V A SD Negeri 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung

Fatma, Santika (2020) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V A SD Negeri 04 Sikabu Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_SANTIKA_FATMA_16129269_418_2020.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas V SD yang berjumlah 26 orang siswa. Data penelitian diperoleh dari pengamatan perencanaan (RPP), pelaksanaan (aspek guru dan siswa) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh persentase rata-rata 83,33% (B) kualifikasi baik dan meningkat menjadi 91,67% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, b) Pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 82,14% kualifikasi baik dan meningkat menjadi 92,85% kualifikasi sangat baik pada siklus II, c) pengamatan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 80,35% kualifikasi baik meningkat menjadi 89,28% kualifikasi baik pada siklus II, d) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 76,65 kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 80,61 kualifikasi baik pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:01
Last Modified: 25 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37416

Actions (login required)

View Item View Item