Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD

Nanda, Ririn Tryan (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RIRIN_TRYAN_NANDA_16129394_419_2020.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan matematika peserta didik di Indonesia yang masih memprihatinkan, salah satunya ditandai oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Gugus IIV Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota?” Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Exsperiment, dengan bentuk Nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling dengan sampel yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen di kelas IV UPTD SD Negeri 05 Tujuah Koto Talago yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol di kelas IV UPTD SD Negeri 09 Tujuah Koto Talago. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-test kelas Eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning adalah 76,46 dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 59,27 Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar dengan model Problem Based Learning berpengaruh dibandingkan pembelajaan konvensional. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 5,42 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,680 sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:00
Last Modified: 25 Mar 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37415

Actions (login required)

View Item View Item