Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo

Muslim, Revi (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Tematik Terpadu dengan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_REVI_MUSLIM _16129390_1311_2020.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada RPP yang masih belum dikembangkan dan masih mengacu kepada buku guru. Serta guru belum mengembangkan model pembelajaran bervariasi yang dapat membangkitkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dampaknya pada kegiatan belajar siswa yang tidak terlibat aktif di dalam pembelajaran dan tanya jawab dengan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di Kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan prosedur PTK yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 19 Koto Tuo dengan jumlah 26 orang peserta didik, 16 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Perencanaan Pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus I pertemuan 1 dengan hasil 79% dan siklus I pertemuan 2 83%, dan pada siklus II diperoleh hasil 87%. b) hasil pengamatan dari aspek guru pada siklus I pertemuan 1 diperoleh hasil 79% pada siklus I pertemuan 2 diperoleh 83% dan pada siklus II diperoleh 92%. c) Pada aspek siswa diperleh hasil siklus I pertemuan 1 79% pada siklus I pertemuan 2 diperoleh hasil 83% dan siklus II diperoleh hasil 88% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model inkuiri dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:00
Last Modified: 25 Mar 2022 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37414

Actions (login required)

View Item View Item