Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromediaflash Pada Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Di Kelas IV Sekolah Dasar.

Annisa, Nurul (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromediaflash Pada Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_NURUL_ANNISA_16129206_512_2020.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran modern dalam pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Guru masih menggunakan media sederhana dan kit matematika serta belum memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga penggunaan media hanya dapat dilakukan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis macromedia flash di kelas IV SD Negeri 09 Sungai Limau. Permasalahan yang dikaji adalah Bagaimana validitas dan praktikalitas media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis macromedia flash di kelas IV sekolah dasar. Multimedia Interaktif tentang materi faktor bilangan dan kelipatan bilangan ini dikembangkan dengan mengacu pada model 4-D (four-D models). Model ini terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Mengingat keterbatasan waktu dan biaya, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan pengembangan (develop). Berdasarkan tahap-tahap pada model pengembangan ini diperoleh hasil validitas dan praktikalitas Media Interaktif Berbasis Macromedia flash Pada Materi Faktor Bilangan Dan Kelipatan Bilangan Untuk Peserta Didik Kelas IV SD dinyatakan valid dengan validitas ahli materi sebesar 86%, validitas oleh ahli media 89% dan validitas oleh ahli bahasa 85% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 86,6% dan praktis dengan presentase 92,75% yang berarti multimedia interaktif dapat digunakan sebagai multimedia interaktif kelas IV pada materi faktor bilangan dan kelipatan bilangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2022 00:59
Last Modified: 25 Mar 2022 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37413

Actions (login required)

View Item View Item