Rancangan Standar Operasional Prosedur Check-in dan Check-out di UNP Hotel & Convention Padang

Saputra, Nofriandi (2021) Rancangan Standar Operasional Prosedur Check-in dan Check-out di UNP Hotel & Convention Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NOFRIANDI_SAPUTRA_17135278_5806_2021.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi peneliti di UNP Hotel & Convention Padang. Peneliti menemukan beberapa permasalahan terkait standar operasional prosedur. Dari hasil wawancara peneliti dengan Front Office Manager UNP Hotel mengatakan bahwa UNP Hotel belum mempunyai standar operasional prosedur (SOP) check-in dan check-out yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan pekerjaan receptionist. Salah satu karyawan di UNP Hotel & Convention pada department front office, mengatakan bahwa terdapat keluhan tamu karena proses check in dan check out yang dilakukan masih manual dan membuat proses check in yang lama dan begitu juga degan proses check out yang dilakukan oleh karyawan front office. Agar tidak terjadi keluhan dari tamu maka front office hams melaksanakan proses check in dan check out sesuai prosedur nya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan standar operasional prosedur check in dan check out di UNP Hotel & Convention Padang. J enis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan data kualitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel mandiri yaitu rancangan standard operating procedures (SOP) check in dan check out. Informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah manajer UNP Hotel & Convention Padang, Front Office Manager, dan Staff Front Office. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi tiga alur kegiatan yakni, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi dan observasi yang telah peneliti lakukan, maka tersusunlah standar operasional prosedur check in dan check out di UNP Hotel & Convention Padang dengan tahapan yang dilakukan receptionist pada saat check in dan check out adalah Greeting, Check Reservation Status, Check Room Available, Complete Registration Form, Method Paymen, Issue Room Key, Meal Coupon, Information Hotel Facilities, Receptionist memberi tahu tamu check out, Receptionist menyiapkan bill, Receptionist menanyakan nomor kamar, Receptionist memberikan bill kepada tamu, Receptionist mengucapkan terimakasih kepada tamu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Mar 2022 00:59
Last Modified: 25 Mar 2022 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37408

Actions (login required)

View Item View Item