Analisis Dinamika Pertumbuhan Penduduk Usia Sekolah terhadap Ketersediaan Prasarana Sekolah SLTA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2015 sampai 2020

Ningsih, Wilda (2021) Analisis Dinamika Pertumbuhan Penduduk Usia Sekolah terhadap Ketersediaan Prasarana Sekolah SLTA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2015 sampai 2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WILDA_NINGDIH_17136040_5804_2021.pdf

Download (909kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui dinamika pertumbuhan penduduk usia sekolah di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2015 sampai 2020 2) mengetahui sebaran sekolah SLTA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman, dan 3) mengetahui ketersediaan prasarana sekolah SLTA N egeri di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2015 sampai 2020. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deslriptif kuantitatif yaitu analisis dengan memanfaatkan data sekunder. Data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait dengan penelitian, data yang digunakan merupakan data 5 tahun terakhir yaitu 2015 sampai 2020. Variabel penelitian ini adalah variabel dinamika penduduk usia sekolah SLTA di Kabupaten Padang Pariaman,variabel sebaran sekolah SLTA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman. Variabel Prasarana Sekolah yang meliputi sekolah, Prasarana sekolah, siswa dan guru. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Padang Pariaman. Sampel dari penelitian ini adalah 28 sekolah SLTA Negeri yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi dan menggunakan data sekunder dari instansi-instansi terkait dan untuk sebaran menggunakan teknik survey untuk pengambilan titik koordinat sekolah.teknik anansis yang digunakan yaitu analisis statistik deskritif yaitu untuk menganalisis dengan cara menjelaskan dan menggambarkan data yang telah terkumpul dan teknik analisis tetangga terdekat untuk melihat pola persebaran. Pada penelitian ini data disimpulkan bahwasanya persentase dinamika penduduk usia sekolah di kabupaten padang pariaman pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 memiliki tingkat persentase yang beragam dengan presentasi terkecil 1,53 - 11,74 % setiap tahunnya. Di Kabupaten Padang Pariaman terdapat 28 sekolah yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, dari data jumlah penduduk usia sekolah tahun 2020 terdapat sebanyak 37.852 jiwa penduduk usia sekolah SLTA di Kabupaten Padang Pariaman harusnya satu sekolah dapat menampung 1.350 orang, akan tetapi satu sekolah tidak mampu menampung jumlah siswa sebanyak itu dikarenakan kurangnya prasarana sekolah khusus nya pada ruang kelas yang tersedia. Seharusnya ruang kelas yang ada untuk dapat menampung seluruh penduduk usia sekolah yaitu sebanyak 1.344 akan tetapi jumlah ruang kelas yang ada sebanyak 551 ruang kelas. Sehingga pertumbuhan penduduk usia sekolah tidak sebanding dengan peningkatan ruang kelas di setiap tahunnya sehingga banyak penduduk usia sekolah yang tidak tertampung di SLTA N egeri di Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:45
Last Modified: 23 Mar 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37392

Actions (login required)

View Item View Item