Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam

Ananda, Nola Suci (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_NOLA_SUCI_ANANDA_16129201_1170_2020.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SDN 22 Magek Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 22 Magek Kabupaten Agam dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas V. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi atau pengamatan terhadap aktivitas guru serta peserta didik selama pembelajaran berlangsung sedangkan tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan peserta didik yang dilakukan diakhir pembelajaran dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes dan nontes. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,55% (B) meningkat pada siklus II 91,66% (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 77,87% (C), dan pada siklus II 81,25% (B). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 67,18% (K) dan meningkat pada siklus II yaitu 81,25% (B). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 65,68% (K) meningkat pada siklus II 80,11% (B). Dengan demikian pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di KelasV SDN 22 Magek Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:42
Last Modified: 22 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37377

Actions (login required)

View Item View Item