Pemanfaatan Aplikasi Smart PTSL dalam Pembuatan Peta Kerja Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Nagari Duku Utara Kecamatan Koto XI Tarusan.

Lestari, Rahayu (2021) Pemanfaatan Aplikasi Smart PTSL dalam Pembuatan Peta Kerja Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) di Nagari Duku Utara Kecamatan Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHAYU_LESTARI_1713603_5979_2021.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui metode pemakaian aplikasi Smart PTSL untuk memperoleh data IP4T yang berbasis bidang tanah secara komperensif dan sistematis dalam suatu wilayah, 2) untuk mengetahui daya guna dan manfaat aplikasi Smart PTSL dalam pemetaan bidang tanah, dan 3) mengetahui keunggulan dari aplikasi Smart PTSL. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi survei lapangan dan wawancara. Sampel diambil secara purposive sampling. Data penelitian ini adalah data primer, merupakan data yang dikumpulkan oleh peneliti sendiri secara langsung dilapangan dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari pihak lain seperti Badan Pusat Statistik. Teknik analisis data yaitu teknik persentase dengan rumus P = J_ x 100%. N Penelitian ini menemukan. 1) Metode Pemakaian Aplikasi Smart PTSL dapat dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya, tahap persiapan, pelaksanaan pengumpulan data dan pengolahan data. diperoleh sebanyak 651 bidang tanah terdiri atas peta status penguasaan tanah, status kepemilikan tanah, j enis penggunaan dan pemanfaatan tanah di Nagari Duku Utara. 2) Kedayagunaan aplikasi Smart PTSL, setelah dianalisis pada 13 orang responden, diperoleh skor rata-rata pada skor 53 dimana skor maksimal adalah 84. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa daya guna aplikasi Smart PTSL dalam pengumpulan data spasial dan tekstual serta integrasi antara kedua data sangat baik. 3) Keunggulan aplikasi Smart PTSL jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis adalah paperless, efisiensi SDM, efisiensi instrument, Optimalisasi record data lapangan, Integrasi data spasial dan tekstual, Efisiensi waktu, Data vector atau lembar kerja dapat langsung terbaca pada software ArcGIS. Pengambilan data secara (ojfline) dan gratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:41
Last Modified: 22 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37375

Actions (login required)

View Item View Item