Modul Busana Kerja sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Marini, Imelda (2021) Modul Busana Kerja sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Tata Busana Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IMELDA_MARINI_16075014_4052_2021.pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam perkuliahan Busana Kerja pada materi Pakaian Kerja Blus dan Rok dan Pakaian Kerja Model Deux Piece, dimana mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengikuto perkuliahan terutama pada saat praktik. Hal ini dikarenakan sumber belajar atau bahan ajar terkait dengan mata kuliah Busana Kerja masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa modul yang valid serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa dalam pembelajaran Busana Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Pengembangan modul Busana Kerja dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahapan, tahap pendefinisian (de.fine), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun untuk tahap penyebaran (disseminate) tidak dapat dilakukan karena keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Modul ini diuji validitasnya oleh 4 orang validator yang ahli dalam bidang media dan materi. Teknik analisis data menggunakan analisis data validitas yang hasilnya dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap modul Busana Kerja diperoleh skor 87,60% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul ini dikatakan sudah layak dan dapat di uji cobakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah Busana kerja untuk mahasiswa Tata Busana jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:55
Last Modified: 21 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37364

Actions (login required)

View Item View Item