Kajian Aktivitas Belajar Daring pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang

Heldiani, Heldiani (2021) Kajian Aktivitas Belajar Daring pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_HELDIANI_17135024_3658_2021.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mewabahnya virus corona di indonesia menyebabkan krisis kesehatan global dan mengakibatkan penutupan sekolah, kampus dan fasilitas pendidikan. Meluasnya pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh aktivitas dilakukan secara daring, (studyfrom home) begitu juga dengan perkuliahan di Universitas Negeri Padang, hal ini juga didukung dengan keluamya surat edaran Kemendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Corona Virus Disease (Covid-19). Selama melakukan aktivitas belajar daring banyak mahasiswa mengalami kesulitan dan kendala, dalam mini riset yang telah penulis lakukan penulis menemukan sebanyak 60,9% dari 23 mahasiswa mengalami kesulitan dalam visual activities, kemudian sebanyak 78,3% dari 23 mahasiswa mengalami kesulitan dalam oral activities, dan 87% dari 23 mahasiswa mengalami masalah emotional activities dan beberapa masalah lainnya. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitias belajar daring pada mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa manajemen perhotelan yang aktif melakukan aktivitas belajar daring sebanyak 93 orang yaitu mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik probability sampling dengan cara menyebarkan kusioner berupa 3 7 butir peernyataan, dari 8 variabel aktivitas belajar daring. Selanjutnya data didekripsikan dan dikakukan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan regresi linear sederhana dan koefisien determinasi dengan SPSS. Hasil peneletian berdasarkan perhitungan statistik menunjukkan nilai sig untuk variabel aktivitas belajar yang terdiri dari 8 indikator yaitu : visual activities berada pada kategori cukup baik dengan persentase (71 %), Oral activities berada pada kategori baik dengan persentase (53%), listening activities berada kategori baik dengan persentase (52%), writing activities berada pada kategori baik dengan persentase (29%), drawing activities berada pada klasifikasi kategori sangat baik dengan persentase (55%), motor activities berada pada kategori cukup baik dengan persentase (46%), mental activities berada pada kategori sangat baik dengan persentase (49%), emotional activities berada pada kategori baik dengan persentase (35 %).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:54
Last Modified: 21 Mar 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37362

Actions (login required)

View Item View Item