Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 166/VII Guruh Baru 1

Azizah, Kisma Umi (2020) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 166/VII Guruh Baru 1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_KISMA_UMI_AZIZAH_16129052_365_2020.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, guru selalu membawa RPP namun proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak sesuai dengan RPP yang sudah di buat, guru sering menggunakan metode ceramah, kurangnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, tidak adanya motivasi dalam diri peserta didik. Tidak adanya tanggung jawab peserta didik terhadap tugas yang diberikan, pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan konvensional dan penilaian dalam pembelajaran cendrung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 166/VII Guruh Baru 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 166/VII Guruh Baru 1 dengan jumlah 16 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 76,38 % (baik) dan siklus II 94,44% (Sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,33% (baik) dan siklus II 93,33% (Sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 77,5% (baik), dan siklus II 93,33% (Sangat baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 70,19 dan siklus II dengan rata-rata 81,87. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:02
Last Modified: 21 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37347

Actions (login required)

View Item View Item