Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SDN 03 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota

Sari, Melia Indra (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SDN 03 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_MELIA_INDRA_SARI_16129345_420_2020.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar yang ditemukan dilapangan saat melakukan observasi yang terkait rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan RPP, rumusan indikator belum sesuai kata kerja operasional, pembelajaran masih dominan dengan metode ceramah, guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Sehingga hal ini berdampak kepada hasil belajar siswa yang mayoritasnya rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 03 Taeh Bukik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 03 Taeh Bukik Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 66,66% dengan kualifikasi cukup dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 75,00% dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 83,33% dengan kualifikasi baik (B), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru dan aspek siswa siklus I pertemuan I memperoleh nilai 69,44% dengan kualifikasi cukup (C) dan pada pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,77% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata niai 83,33% dengan kualifikasi baik (B). c) hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan I memperoleh rata-rata nilai 70,38% dengan kualifikasi cukup (C) dan pertemuan II dengan nilai rata-rata 79,38% dengan kualfikasi baik (B), dan kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 85,21% dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu meningkat dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:01
Last Modified: 21 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37346

Actions (login required)

View Item View Item