Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV A SD N Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

Iqbal, Muhammad (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas IV A SD N Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_MUHAMMAD_IQBAL_16129353_261_2020.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar saat ini belum memuaskan dan belum terlaksana sesuai dengan tuntutan pembelajaran tematik terpadu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri dalam pembelajaran tematik terpadu. Manfaat dari penelitian untuk memberikan inovasi model pembelajaran inkuiri Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Gadang yang terdiri dari 17 orang siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Untuk mengetahi keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar di ukur dengan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek guru dan siswa, serta hasil tes berupa soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 75 % (C) dan 83,33% (B), meningkat pada siklus II menjadi 88,88% (SB). ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 75 % (C) dan 84,37 % (B) meningkat pada siklus II menjadi 90,62 % (SB). Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I adalah 71,87 % (C) dan 84,37% (B) meningkat pada siklus II menjadi 90,62 % (SB). Pada hasil belajar siswa rata-rata siklus 1 yakni 75,87 (C) dan 82,05 (B) meningkat pada siklus 2 menjadi 85,13 (B) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Mar 2022 01:01
Last Modified: 21 Mar 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37345

Actions (login required)

View Item View Item