Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Skala di Kelas V SD Gugus II Lubuk Basung Kabupaten Agam

Dayanur, Ilhami (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Skala di Kelas V SD Gugus II Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ILHAMI_DAYANUR_16129045_665_2020.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih dominan nya penggunaan model konvensional pada pembelajaran Matematika pada materi Skala. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memahami materi dan hasil belajar yang didapatkan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Skala Di Kelas V SDN Gugus II Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain quasi experiment dengan bentuk pretest-posttest non-equivalent group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Gugus II Lubuk Basung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam yang terpilih berdasarkan teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok belajar, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas V SDN 11 Pudung sedangkan kelas kontrol diajarkan dengan model konvensional di kelas V SDN 18 Pudung yang masing-masing kelasnya berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian kedua kelas pada pretest menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 0,6936 dan ttabel sebesar 1,67155, maka thitung < ttabel. Hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Setelah diberikan perlakuan hasil posttest yang diujikan menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 2,70 dan ttabel sebesar 1,67155, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi skala di kelas V SDN Gugus II Lubuk Basung Kabupaten agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Mar 2022 00:57
Last Modified: 21 Mar 2022 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37343

Actions (login required)

View Item View Item