Efektivitas Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tilatang Kamang

APRILLIA, BELLA (2021) Efektivitas Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_BELLA_APRILLIA_17045050_2668_2021.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi belajar Google Classroom pada pembelajaran Geografi (2) mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes dan angket. Instrumen tes terdiri atas 25 butir soal dengan materi mengenai flora dan fauna di Indonesia dan dunia, sedangkan instrumen angket terdiri dari 15 butir pemyataan dan disebarkan melalui google formulir, serta dianalisis menggunakan rumus keefektifan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini diantaranya : (1) dari angket yang telah disebarkan pada 29 responden, maka hasil analisis keefektifan yang di peroleh adalah sebagai berikut ; 17 ,24% berada pada kategori efektif, 58,62% berada pada ketegori cukup efektif, 20,68% berada pada kategori tidak efektif dan 3,44% berada pada kategori sangat tidak efektif. Hasil analisis efektifitas Google Classroom terhadap pembelajaran pada skala prioritas siswa adalah 58,62% yang berada pada kategori "Cukup Efektif' (2) adanya hubungan antara efektifitas aplikasi Google Classroom dengan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPA 1, yang mana dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (rx.y) sebesar 0,598 dengan kategori "Cukup".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:57
Last Modified: 18 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37332

Actions (login required)

View Item View Item