Penerapan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Armayesi, Fany (2020) Penerapan Model Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_FANY_ARMAYESI_16129311_267_2020.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya berbagai permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran tematik terpadu khususnya di Sekolah Dasar. Hal itu disebabkan karena masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inovatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) pada pembelajaran tematik terpadu berdasarkan beberapa penelitian terdahulu. Model TTW merupakan model pembelajaran kooperatif dengan sistem kerja/belajar kelompok terstruktur yang membangun pemahaman siswa melalui kegiatan berpikir (think), berbicara (talk), dan menulis (write). Metode penelitian ini yaitu studi literatur (LibraryResearch) dengan mengumpulkan beberapa jurnal terakreditasi yang relevan dengan topik, lalu dianalisis bagaimana penerapan model TTW pada masing-masing jurnal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran TTW dapat membantu guru dalam merancang pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Mar 2022 08:32
Last Modified: 18 Mar 2022 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37327

Actions (login required)

View Item View Item