Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Juniar, Silvia Rahma (2021) Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SILVIA_RAHMA_JUNIAR_17086076_1685_2021.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah hasil belajar PJOK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar banyak yang tidak mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM). Banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut salah satu diantaranya yaitu kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Jenis penelitian ini adalah korelasional. Teknik pengambilan data yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana teknik penentuan sample dengan pertimbangan tertentu yang berjumlah sebanyak 31 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan Tes Kesegaran Jasmani Indonesia. Untuk kategori 16-19 tahun terdiri dari 5 item tes yaitu: Lari sprint 60 meter, gantung angkat tubuh untuk putra gantung siku tekuk untuk putri, baring duduk 60 detik, loncat tegak dan lari 1000 meter untuk putri dan lari 1200 meter untuk putra. Data dari hasil tes dan pengukuran diolah dengan metode analisis korelasi product moment, yaitu Kebugaran Jasmani (X) dan variabel terikatnya Hasil Belajar (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kebugaran jasmani siswa SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar berada di katergori kurang dengan presentase 64.52% yang berjumlah 20 siswa, 2) hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar banyak yang tidak mencapai batas KKM dengan jumlah presentase 83.87% yang terdiri dari 26 siswa, 3) kebugaran jasmani mempunyai hubungan dengan hasil belajar dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung 5,.153 > ttabel 1.699.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:14
Last Modified: 17 Mar 2022 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37309

Actions (login required)

View Item View Item