Pengaruh Kualitas Pelayanan Receptionist Terhadap Kepuasan Tamu di Fave Hotel Olo Padang

Andaresta, Andika (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Receptionist Terhadap Kepuasan Tamu di Fave Hotel Olo Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ANDIKA_ANDARESTA_17135136_3801_2021.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di Pave Hotel Olo Padang, bahwa masih banyaknya keluhan tamu. Hal ini diduga karena masih kurangnya kualitas pelayanan sehingga mempengaruhi kepuasan tamu. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kualitas pelayanan di Pave Hotel Olo Padang, 2) Mendeskripsikan kepuasan tamu di Pave Hotel Olo Padang, 3) Menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Pave Hotel Olo Padang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif, bertujuan untuk menganalisis Pengaruh antar variabel Kualitas Pelayanan (X) dan Kepuasan Tamu (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu Pave Hotel Olo Padang yang berjumlah 3.840 orang. Sampel penelitian berjumlah 97 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling, dengan menggunakan insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner (Angket) yang dirancang dengan menggunakan skala Likert sebagai skala pengukuran data penelitian yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 24.00. Basil penelitian menemukan bahwa: 1) Kualitas pelayanan berada pada kategori cukup (73,2%). 2) Kepuasan tamu berada pada kategori cukup (50,5%). 3) Kualitas pelayanan berperan signifikan dalam mempengaruhi kepuasan tamu di Pave Hotel Olo Padang dengan koefisien regresi sebesar 0,209 dengan nilai sig 0,001 < 0,05, artinya setiap peningkatan 1 satuan kualitas pelayanan akan meningkatkan 0,209 kepuasan tamu. Serta diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,104 (10,4%) dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:14
Last Modified: 17 Mar 2022 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37305

Actions (login required)

View Item View Item