Wati, Ana Mulya (2021) Kepuasan Pengunjung tentang Fasilitas di Daya Tarik Wisata Pantai Batu Kalang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_04_ANA_MULYA_WATI_17135205_3453_2021.pdf Download (876kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena timbul beberapa permasalahan yang terdapat di Daya Tarik Wisata Pantai Batu Kalang yaitu toilet yang seadanya dan jarak toilet yang lumayan jauh, kondisi mushola yang kurang terawat, gazebo yang rusak dan tempat parkir yang tidak memadai. Tidak adanya keinginan pengunjung memakai produk atau jasa itu kembali, seperti fasilitas toilet mushola yang kurang terawat, gazebo yang rusak dan tempat parkir tidak memadai. Tidak adanya keinginan untuk merekomendasikan kepada orang lain karena kondisi toilet yang seadanya, mushola yang kurang terawat, gazebo yang rusak, banyaknya sampah berserakan. Tidak adanya tempat sampah sehingga banyak sampah yang berserakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepuasan pengunjung tentang fasilitas di Daya Tarik Wisata Pantai Batu Kalang Kabupaten Pesisir Selatan Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Batu Kalang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini menggunkan non probability sampling dengan metode insidental sampling, dengan jumlah responden 100 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner, dan sampel uji coba penelitian ini sebanyak 30 orang. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah tabulasi data dan deskriptif data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa fasilitas sangat mempengaruhi kepuasan pengunjung dalam berkunjung ke Daya Tarik Wisata Pantai Batu Kalang Kabupaten Pesisir Selatan. Menunjukkan persentase cukup baik sebanyak 92%. Berdasarkan indikator tercapainya harapan pengunjung dapat dikategorikan baik dengan persentase 50%. Berdasarkan indikator terpenuhinya kebutuhan pengunjung dengan persentase baik sebanyak 32%. Berdasarkan indikator tercapainya keinginan pengunjung dapat dikategorikan sangat baik dengan persentase 31 %. Berdasarkan indikator keinginan untuk berkunjung kembali dapat dikategorikan cukup baik dengan persentse 56%. Dan berdasarkan indikator keinginan untuk merekomendasikan daya tarik wisata kepada orang lain dikategorikan sangat buruk sebanyak 51 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 04:06 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 04:06 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37292 |
Actions (login required)
View Item |