Analisis Perencanaan Program Terhadap Penguatan Kapasitas Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Inklusif Disabilitas di Kota Padang

Wardani, Rosita Kusuma (2021) Analisis Perencanaan Program Terhadap Penguatan Kapasitas Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Inklusif Disabilitas di Kota Padang. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ROSITA_KUSUMA_WARDANI_16042177_6014_2021.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis Perencanaan Program Penguatan Kapasitas PRB bagi Penyandang disabilitas di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang, Sekertaris Dinas Sosial Kota Padang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian membuktikan bahwa penguatan kapasitas bagi penyandang disabilitas dalam tahapan kebencanaan di Kota Padang belum optimal. Hal ini karena program penguatan kapasitas PRB belum ada dalam rencana strategis. Kemudian belum masuk dalam rencana kerja BPBD Kota Padang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlunya penekanan terhadap penguatan kapasitas PRB bagi penyandang disabilitas masih belum terlihat, anggapan bahwa penyandang disabilitas memiliki kemampuan untuk meminimalisir risiko adalah tabu. Masih terdapat pendangan bahwa penyandang disabilitas sebagai suatu kendala dan hambatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:03
Last Modified: 16 Mar 2022 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37280

Actions (login required)

View Item View Item