Efektivitas Komunikasi Elektronik untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi di Dinas Kependudukanan Pencatatan Sipil Kota Pematang Siantar

Aditya, Nurmiftach (2021) Efektivitas Komunikasi Elektronik untuk Meningkatkan Kinerja Organisasi di Dinas Kependudukanan Pencatatan Sipil Kota Pematang Siantar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURMIFTACH_ADITYA_17042121_5845_2021.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian rm dilatar belakangi oleh pelaksanaan pendaftaran kependudukan yang awalnya dilakukan secara langsung menjadi secara daring (dalam jaringan) dengan menggunakan media elektronik berbasis web, pendaftaran secara elektronik ini dilakukan sejak bulan Maret tahun 2020. Berdasarkan hal itu komunikasi yang dilakukan juga memanfaatkan media elektronik untuk menunjang kinerjanya pegawainya. Selain itu juga pertambahan penduduk yang setiap tahun semakin meningkat menjadikan masyarakat akan sering melakukan pendaftaran dokumen kependudukan secara online ini. Lalu juga terdapat keluhan masyarakat terhadap kinerja orgamsasi setelah dilakukannya pendaftaran daring ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana efektivitas komunikasi elektronik untuk meningkatkan kinerja organisasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yaitu Manual Data Analysis Procedure (MDAP). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi elektronik untuk meningkatkan kinerja organisasi di disdukcapil belum efektif. Dilihat dari adanya indikator yang belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:13
Last Modified: 15 Mar 2022 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37269

Actions (login required)

View Item View Item