Pengaruh Penerapan Pengukuran Nilai Wajar Aset Bank Terhadap Asimetri lnformasi yang Dimoderasi oleh Good Corporate Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Fimansyah., Yana (2021) Pengaruh Penerapan Pengukuran Nilai Wajar Aset Bank Terhadap Asimetri lnformasi yang Dimoderasi oleh Good Corporate Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YANA_FIMANSYAH_19043194_3108_2021.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penerapan pengukuran nilai wajar (fair value measurement) untuk aset bank mengurangi asimetri informasi di antara investor ekuitas (bid-ask spread) dan bagaimana hal ini dipengaruhi oleh tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). Populasi penelitian adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEi) periode 2017-2019 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 31 perusahaan dengan waktu pengamatan 3 tahun. Pengujian hipotesis menggunakan model regresi linier berganda. Temuan kami menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dari penerapan pengukuran nilai wajar terhadap asimetri informasi dan tata kelola perusahaan yang baik juga tidak berpengaruh pada hubungan antara pengukuran nilai wajar dengan asimetri informasi. Implikasi dari penelitian ini menambah literatur akuntansi keuangan yang membuktikan bahwa penerapan pengukuran nilai wajar pada tingkat yang rendah tidak dapat menangkap dan menyajikan informasi yang relevan dalam jumlah yang tinggi, sehingga fenomena asimetri informasi tidak dapat diminimalisir secara maksimal. Selain itu, pada tingkat penerapan pengukuran nilai wajar yang rendah, tata kelola perusahaan yang baik belum mampu memberikan pengaruh yang signifikan sebagai variabel moderasi. Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menggabungkan FVTPL dengan OCI untuk melihat efek yang lebih komprehensif. Karena tingkat penggunaan FVTPL pada tahun pengamatan masih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:12
Last Modified: 15 Mar 2022 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37267

Actions (login required)

View Item View Item